Sunday 22 July 2012

0 Tarik Dana Lagi dari Paypal


paypalsitelogoArtikel ini saya buat untuk merevisi kesalahan saya saat menuliskan sebuah artikel tentang Menarik Dana dari Paypal beberapa waktu lalu. Terdapat kesalahan dalam penulisan kode bank yang saya lakukan sehingga dana saya gagal dikirim ke account bank yang saya minta.

Tulisan ini akan memandu Anda menggunakan cara yang paling benar dalam memberikan informasi kepada Paypal untuk mengirimkan dana atau duit ke rekening kita di bank-bank yang ada di Indonesia.
Dari sekian banyak artikel yang pernah dan saya cari di internet selalu menuliskan hal yang kurang transparan dan banyak kesalahan. Paling tidak ini adalah pengalaman pribadi saya yang berharga sampai-sampai saya berdebat dengan rekan saya yang sebetulnya dia sudah berhasil mengambil uang dari Paypal ke rekening BCA-nya tapi lupa apa yang dilakukannya saat itu.

Jujur saja saya sampai melakukan kesalahan tersebut hingga 3 kali, dimana tiap kesalahan proses penarikan dana akan dikenakan charge sebesar 50 ribu rupiah yang akan dipotong langsung dari Paypal Anda apabila tersedia. Jika tidak tersedia maka Paypal akan menagihnya ke kartu kredit Anda.
Penting untuk diingat bahwa proses penarikan dana butuh proses verifikasi terhadap account Paypal Anda. Baik menggunakan kartu kredit atau jasa Virtual Credit Card (VCC). Belakangan ini saya banyak sekali menerima pertanyaan seputar verifikasi dimana hal ini adalah yang paling penting untuk account Paypal Anda agar siap digunakan baik untuk membayar maupun menerima dana.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Untuk membayar tentu saja Anda butuh uang berada disana, apabila tidak tersedia Paypal akan menagihkan ke kartu kredit Anda. Maka Anda tentu sudah paham apabila verifikasi menggunakan VCC tentu saja tidak bisa memasukkan sejumlah uang ke Paypal kecuali memang sudah ada uang dari hasil pengiriman uang dari account Paypal lain atau ada transfer dana dari account lain. VCC hanyalah berfungsi untuk memverifikasi keabsahan transaksi  baik kirim dan terima dan hanya bisa untuk sekali pakai. Saya pribadi sangat menyarankan Anda menggunakan kartu kredit bukan VCC, tapi sayangnya tidak semua kartu kredit dari bank di Indonesia bisa diterima di Paypal. Mudah-mudahan Anda bisa memahami betul yang saya maksudkan pada kalimat di atas.

Informasi lain yang belum jelas dan saya sangat lupa bahwa verifikasi bisa dilakukan menggunakan kartu debit seperti milik BCA, sekali lagi saya hanya menginformasikan tapi belum menemukan bukti hal ini. Mungkin rekan-rekan yang membaca tulisan saya bisa memberikan informasinya melalui form komentar dibawah.

Tarik Dana dari Paypal ke Bank Mandiri

Apapun bank Anda formatnya adalah sudah baku, dimana dibutuhkan 7 digit angka yang terdiri dari 3 digit kode bank yang bisa dilihat di blog ini. Kemudian Anda wajib memasukkan 4 digit kode lagi, nah disinilah letak kesalahan yang paling sering ditemui. 4 digit dibelakang 3 digit kode bank adalah kode kliring bank yang bersangkutan, prinsipnya adalah seperti itu.
Apapun bank Anda pasti memiliki kode kliring, kode kliring setiap bank pada tiap kota di Indonesia adalah berbeda. Sebagai contoh saya gunakan bank Mandiri. Kode bank adalah 008 lalu kode kliring adalah 6079, empat digit kode kliring ini adalah khusus untuk bank Mandiri kota Jogjakarta. Tiap kota akan berbeda, pastikan Anda menelpon customer service bank yang bersangkutan dan tanyakan kode kliring bukan swift code.
Coba gunakan ilustrasi seperti yang saya tuliskan berikut ini:
  • Misal Anda mengambil 100 dollar dari Paypal ke Bank Mandiri
  • Paypal mulai cek kode bank Mandiri (008)
  • Setelah masuk bank Mandiri, dia akan mencari di cabang Mandiri mana rekening terdaftar, apalah di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Pontianak, Makassar, Samarinda, Medan atau kota lainnya? disinilah diperlukan kode kliring pada bank Mandiri (angka 6079 berada di kota Jogjakarta)
  • Setelah masuk ke kantor cabang Jogja, dia kembali akan mencari nomor rekening, masukkan secara lengkap nomor rekening Anda seperti yang tertera di buku tabungan secara utuh tanpa menambah ataupun menguranginya
paypal_mandiri
Ada sebuah tutorial menyesatkan yang membuat saya mengalami kerugian :D gara-gara mengikuti tutorial yang tidak benar. Dimana pada tulisan tersebut melakukan pemenggalan pada nomor rekening kita. Percayalah bahwa tidak semua bank di Indonesia melakukan format yang sama dalam hal yang dimaksud dalam menentukan angka-angka yang dimaksud oleh Paypal.
Semoga tulisan saya ini bermanfaat baik untuk yang bertanya bagaimana cara melakukan verifikasi yang baik dan benar dan menarik dana dari Paypal dengan cara yang paling benar.

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Find Us on Facebook !